Home AJATAPPARENG Rektor IAS Parepare, Dikukuh Sebagai Guru Besar Prof. Dr. H. Bakhtiar Tijjang

Rektor IAS Parepare, Dikukuh Sebagai Guru Besar Prof. Dr. H. Bakhtiar Tijjang

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Bakhtiar Tijjang, SE., MM., MH.

PAREPARE, SUARA AJATAPPARENG – Setelah menerima Keputusan (SK) Guru Besar (GB) dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) kepada Rektor Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare, yang di peruntukkan ke Prof Dr H Bakhtiar Tijjang SE MM MH. di Aula LLDIKTI Makassar, Jumat, 22 September 2023 lalu.

Hari ini, Selasa 28 Nopember 2023 Prof Dr H Bakhtiar Tijjang SE MM MH. Kembali dikukuhkan sebagai Guru Besar yang juga Rektor Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare. Dan sekedar diketahui, Prof Bakhtiar adalah GB ke empat di Parepare, dan satu-satunya Professor dalam Bidang Ilmu Manajemen.

Pembina Yayasan AMSIR yang juga Yayasan Andi Sapada, Dr. Ir. H. Ahmad Faisal Andi Sapada, MM. dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare yang berhasil mencetak seorang guru besar di kampus ini.

“Tentu ini sebuah kebanggaan, sebab ini sudah ada beberapa guru besar di Parepare, semoga bisa memberikan peran dan kontribusi nyata bagi kemajuan institusi dan daerah,” jelasnya.

Puang Ical, sapaan akrabnya bercerita kalau riwayat Bakhtiar Tijjang selama menempuh pendidikan.

“Beliau ini sebenarnya lulus di bank BPD, tetapi pendiri yayasan AMSIR, yaitu Andi Sapada saat itu menginginkan dia untuk melanjutkan pendidikan,” celoteh mantan Wakil Walikota ini.

Songko Cellae (SC) inisial lain dari puang Ical mengingatkan pesan khusus Pendiri Yayasan AMSIR (Andi Sapada) “untuk tidak membiarkan masyarakat tidak bersekolah hanya karena tak punya uang.”

Tak lupa pula, SC mengaturkan banyak terimakasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah IX, DR Andi Lukman atas pemberian Beasiswa kepada 200 mahasiswa IAS. Sehingga cita-cita Pendiri Yayasan AMSIR terkabulkan.

Sementara Prof Dr Bakhtiar Tijjang. Se.,MM., MH. Selaku Rektor Institut Andi Sapada, dalam orasi ilmiahnya menyampaikan lika-liku kisahnya selama menempuh pendidikan hingga sukses menjadi seorang guru besar.

Kata dia, pada masa-masa awal pendidikannya sangat sulit, namun tekad kedua orangtuanya sehingga menitipkannya pada keluarga yang memegang peranan jabatan pada saat itu.

“Dulu orang tua saya sulit untuk melanjutkan pendidikan saya, tetapi dengan tekadnya, saya dititip ke keluarga pejabat, hingga akhirnya disekolahkan oleh Andi Sapada,” katanya.

Prof. Bakhtiar, berharap ilmu marketing yang telah diraihnya dapat berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa, khususnya ekonomi suatu daerah.

Penjabat Walikota Parepare DR Drs Akbar Ali pun memberikan apresiasi dan selamat atas pencapaian yang diraih Prof. Dr. H. Bakhtiar Tijjang, SE., MM., MH. Ia mengaku hadirnya guru besar akan berkolaborasi bagi kemajuan daerah.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, saya mengucapkan selamat atas pengukuhan prof Dr Bakhtiar Tijjang, ini bukan hanya kebahagiaan institut, tetapi juga kebahagiaan bagi pemerintah kota Parepare,” tegasnya.

Sementara salah seorang mahasiswa S2 Hukum Institut Andi Sapada yang ditemui media, merasa berbangga atas pencapaian yang telah diraih oleh Rektor Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare.

“Saya bangga telah memiliki Rektor yang berpredikat Guru besar dan satu-satunya di Sulsel ini. Kami semua menempuh Ilmu di IAS dengan S2 hukum.” Urai Rahman DJ.

Senada dengan mahasiswanya, Dr. H. Sabir Rahman, SH. MH. merasa bangga berada dilingkup Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada (IAS) Parepare.

“Saya bangga punya pimpinan yang bisa meraih predikat Guru Besar, dan beliau sebagai Rektor kami, tentu menunjang kemajuan IAS Parepare.” Ucap Penanggung jawab Prodi S2 Hukum IAS Parepare ini.

Terlihat hadir segenap Pimpinan Perguruan Tnggi se Kota Parepare, Ketua DPRD Parepare beserta Wakil-wakilnya. Dan berbagai kalangan.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here