Beranda ADVERTORIAL RSUD Andi Makkasau “Peringati Hari Bidan Nasional”

RSUD Andi Makkasau “Peringati Hari Bidan Nasional”

Sejumlah Bidan berfose di IGD Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif untuk peringati hari Bidan.

PAREPARE, SUARA AJATAPPARENG – Direksi dan segenap management RSUD Andi Makkasau Kota Parepare ikut memperingati Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2024.

Sejarah Hari Bidan Nasional
Awal diperingatinya Hari Bidan Nasional ditandai dengan berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada tanggal 24 Juni 1951. Melansir laman Kongres Wanita Indonesia, mulanya IBI merupakan penggabungan berbagai organisasi bidan di beberapa daerah.

IBI adalah organisasi profesi bersifat nasional yang berasaskan Pancasila. Berdirinya IBI bertujuan untuk menggalang persatuan dan persaudaraan antara sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya untuk memperkokoh persatuan bangsa.

Pada tanggal 15 Oktober 1954, IBI diakui sebagai sebuah organisasi berbadan hukum. Hal ini tertuang dalam lembaran Negara Nomor Y.A.5/ 927 oleh Departemen Kehakiman atau saat ini dikenal dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Selanjutnya pada tahun 1956, IBI resmi diterima sebagai anggota asosiasi bidan internasional yaitu ICM (International Confederation of Midwifes). Tahun 1985 dan 2000 silam, IBI pernah ditunjuk menjadi tuan rumah ICM Meeting untuk kawasan Asia Pasifik.

Visi:
Satu-satunya wadah profesi bidan yang mandiri, berdaya saing dan mempunyai wewenang “pengesahan” kepada bidan, lembaga pendidikannya serta mendukung profesionalisme bidan Indonesia.

Misi:
Mewujudkan organisasi IBI yang mandiri dan berdaya saing, mampu meningkatkan profesionalisme bidan Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kota Parepare, Bidan Kurnia Basra, S.Keb. yang dikonfirmasi lewat Redaksi media Suara Ajatapareng mengatakan, dengan Moment 73 tahun BIDAN berkiprah, berharap untuk anak-anak-anakku para Bidan di kota Parepare, “Baarakallaahu fiikunna, semoga Allah senantiasa memudahkan dan memberi kemampuan dalam menjalankan tugas profesi sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan IBU dan ANAK.” Ujar Bidan senior ini.

Menurutnya, Tanggung jawab profesi BIDAN sungguh besar dan sangat mulia. Tangan pertama yg menyentuh dan menangani calon generasi penerus bangsa yang akan dilahirkan kedunia fana ini. Jayalah Ikatan Bidan Indonesia Kota Parepare.

Tema Hari Bidan tahun 2024 : “Peran BIDAN dengan sinergi dan kolaborasi dalam meningkatkan sistem ketahanan nasional”.

Sementara sambutan Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare disampaikan melalui Plt. Kabid. Infokom Martha Iskandar, S.Kep, Ns, MM. Menegaskan, Bidan adalah garda terdepan kesehatan ibu dan anak.

“Di tanganmu para Bidan adalah harapan dan kebahagiaan ibu dan bayi yang terlahir. Terima kasih atas profesionalisme dan dedikasimu.” Ungkapnya.
“Selamat Hari Bidan Nasional, 24 Juni 2024. Jayalah selalu.” (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini