Beranda ADVERTORIAL Bantuan Beras Mengalir pada Korban Banjir

Bantuan Beras Mengalir pada Korban Banjir

HM Taufan Pawe

PAREPARE,SUARA AJATAPPARENG— Pemerintah Kota (Pemkot Parepare) menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Kota Parepare kepada warga terdampak banjir. Penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Pelataran Rujab Wali Kota Parepare, Kamis 24 Februari 2023. Bantuan CBP tersebut akan disalurkan kepada 1.323 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Parepare beberapa waktu lalu. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan penyaluran cadangan beras pemerintah ini sebagai bukti nyata bahwa pemerintahan hadir di tengah-tengah masyarakat, yang terdampak bencana. “Penyaluran beras cadangan ini mudah-mudahan dapat terkoordinasi dengan baik di bawah pengendalian para camat, dan juga pemantauan harus diperketat oleh para lurah,” katanya.

Taufan mengungkapkan bahwa CBP yang disalurkan berjumlah 27,468 ton yang diperuntukan 1.323 KK di Kota Parepare. Pihaknya pun memerintahkan semua camat hingga lurah agar pro aktif menerima keluhan masyarakat mengenai ketersediaan beras.“Jadi, saya perintahkan camat dan lurah jika ada keluhan dari masyarakat bahwa berasnya berkutu, atau berasnya bagaimana, kita kembalikan ke Bulog,” tegasnya.
“Selanjutnya saya ingin menyampaikan bahwa ini adalah bagian perbuatan ketahanan pangan,” tambahnya.

Taufan berharap kerja-kerja ini menjadi amal jariyah bagi yang bersangkutan. “Saya titip sekali lagi bagi camat dan lurah, tolong fokus dalam waktu kurang lebih seminggu ini. Mungkin hanya 3 hingga 4 hari saja,” harapnya. “Percayalah penyaluran ini akan selesai, tapi ingat yang paling bertanggung jawab nantinya untuk hasil akhir dari penyaluran ini bukan hanya Kepala Dinas Sosial, tapi juga para camat dan lurah,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Parepare, Hasan Ginca memaparkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 22 Tahun 2019 tentang Prosedur dan Mekanisme Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana dan Kerawanan Pangan Pasca Banjir. Selanjutnya, kata Hasan, Keputusan Walikota Parepare Nomor 39 Tahun 2023 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor di Kota Parepare. “Bantuan CBP yang di seluruhkan Bulog dan akan di seluruhkan pada hari ini sebanyak 27,468 ton kepada 1323 Kepala Keluarga atau 4905 jiwa korban bencana banjir dan tanah longsor, dengan perhitungan jiwa mendapatkan 5,6 kilogram atau 400 gram per hari per jiwa kali 14 hari,” paparnya. (adv/**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini