Beranda ADVERTORIAL Lomba Inovasi Tingkat Kota Parepare 2023 Digelar

Lomba Inovasi Tingkat Kota Parepare 2023 Digelar

Walikota Parepare HM Taufan Pawe didampingi Sekkot Parepare HM Iwan Asaad saat mengumumkan hari libur dan cuti nasional

PAREPARE,SUARA AJATAPPARENG–Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Kota Parepare 2023.

Sudah ada 42 inovasi dari 32 SKPD, UPTD, Kelurahan dan sekolah lingkup Pemkot Parepare yang siap mengikuti Lomba Inovasi. Dibuktikan dengan jumlah proposal inovasi yang masuk di Bappeda Parepare.

Hal ini diungkap Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam rapat persiapan penilaian Lomba Inovasi di ruang rapat Bappeda Parepare, Jumat 24 Februari 2023.

Zulkarnaen mengungkapkan, Lomba Inovasi ini bekerjasama dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) RI Makassar, sehingga presentasi para inovator nantinya dilakukan di LAN Makassar.

“Jelasnya semua inovator siap melakukan presentasi di LAN Makassar, yang direncanakan pada 3 Maret 2023 nanti. Tadi kami sudah rapatkan tentang persiapan penilaian,” kata Zulkarnaen.

Secara khusus, Zulkarnaen mengapresiasi ada lima sekolah SD dan SMP yang pertama kalinya ikut Lomba Inovasi ini.

“Ini sejalan dengan harapan Bapak Wali Kota agar setiap ASN di lingkup Pemerintah Kota Parepare terus melakukan inovasi, yang tujuannya untuk peningkatan kualitas pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena ASN itu adalah abdi masyarakat, pelayan masyarakat,” ungkap Zulkarnaen.

Zulkarnaen optimis, inovasi-inovasi dari SKPD Parepare dapat bersaing hingga tingkat Provinsi Sulsel, bahkan nasional.

Sebelumnya, Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik mengungkapkan, pada 2018 hingga 2019, Parepare masuk dalam kategori sangat inovatif.

Tahun 2020 menjadi kategori inovatif dikarenakan ada tambahan indikator yang harus dipenuhi. Tahun 2022 tetap masuk kategori inovatif namun nilai yang bertambah yaitu 58,89.

“Untuk memperoleh predikat kota sangat inovatif dengan nilai 60, Kota Parepare harus matangkan inovasi dengan perkuat sistem dokumentasi inovasi. Selain itu, adalah dampak inovasi yang dirasakan oleh masyarakat. Insya Allah tahun 2023, Kota Parepare menjadi kota sangat inovatif,” harap Andi Taufik.

Andi Taufik mengingatkan, semua inovasi yang ada di Parepare sudah harus ditetapkan sebagai Inovasi Daerah melalui Peraturan Wali Kota supaya dapat terjaga dengan baik.(adv/**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini