Beranda ADVERTORIAL Hardiknas 2023, Guru dan Siswa Berperestasi Diberi Penghargaan

Hardiknas 2023, Guru dan Siswa Berperestasi Diberi Penghargaan

Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim bersama Sekkot Parepare H Iwan Assad pada acara Hardiknas

PAREPARE, SUARA AJATAPPARENG– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Sekretariat Daerah (Setdako) Kantor Walikota Parepare, Selasa 2 Mei 2023.

Kegiatan peringatan Hardiknas ini dilakukan dengan pelaksanaan upacara mengangkat tema, “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, kemudiaan diikuti penuh khidmat oleh jajaran Pemerintah Kota Parepare mulai dari Sekda, Staf ahli, Kepala SKPD, Camat, para pengawas, kepala sekolah, perwakilan guru dan pelajar sekolah tingkat SD, SMP sederajat, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare yang tampak mengenakan pakaian daerah.

Pada pelaksanaan upacara itu, Pangerang Rahim menyampaikan pidato serentak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato seragam itu, Pangerang Rahim menyampaikan, transfomasi besar telah dilakukan dengan adanya Kurikulum Merdeka yang semakin mendekatkan pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantoro yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” ungkapnya

Para guru sekarang, lanjut Pangerang, berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

“Guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” jelas Pangerang.

Hardiknas ini pun, lanjut Pangerang menyampaikan pidato Mendikbud, diharapkan menjadi momentum refleksi untuk memastikan keberlangsungan Kurikulum Merdeka.

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan, guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” ucapnya.

Usai pelaksanaan upacara, Pengerang Rahim menyerahkan penghargaan Satyalencana sebagai tanda kehormatan dianugerahkan kepada pegawai negeri sipil di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penghargaan atas dedikasinya melaksanaan tugas.

Pada momentum itu juga, Pangerang Rahim menyerahkan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi serta menyerahkan hadiah kepada para juara pada pelaksanaan pekan kebudayaan 2023. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini