Beranda ADVERTORIAL Bapedda Parepare Laksanakan Konsultasi Publik KLHS RPJD 2025-2045

Bapedda Parepare Laksanakan Konsultasi Publik KLHS RPJD 2025-2045

Kegiatan yang berlangsung di ruang data kantor Wali Kota Parepare, dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, Kepala Dinas Bapedda Parepare dan jajarannya, Camat, Lurah se-Kota Parepare, Akademisi, Toko Masyarakat dan pejabat struktural.

PAREPARE, SUARA AJATAPPARENG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare melaksanakan Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLH RPJPD) Kota Parepare tahun 2025-2045.

Kegiatan yang berlangsung di ruang data kantor Wali Kota Parepare, Senin 9 Oktober 2023 itu dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, Kepala Dinas Bapedda Parepare dan jajarannya, Camat, Lurah se-Kota Parepare, Akademisi, Toko Masyarakat dan pejabat struktural.

Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan KLHS RPJD dilakukan bersamaan.

 “Pada bulan ini memang sudah memasuki rancangan tahap awal RPJPD, KLHS dan rancangan awal RPJPD ini tidak berjalan sendiri. Namun disusun dari pemerintah kota,” sebutnya.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, Muhammad Husni Syam, yang juga membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, agar semua peserta aktif memberikan pendapat.

“Kepada seluruh tamu undangan yang sempat hadir untuk menyampaikan saran terkait apa yang dilakukan tentang perencanaan, bagaimna Parepare kedepan, dengan melihat kondisi yang strategis,” kata Husni.

Sementara, Sri Hidayat, Narasumber pada kegiatan itu menjelaskan, ada 3 aspek yang perlu diperhatikan untuk mencapai keseimbangan.

“Pencapaian kesejahteraan manusia perlu keseimbangan seperti aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Kenapa perlu keseimbangan karena semua ini berinteraksi dan saling terkait dari satu dengan yang lainnya,” katanya.

“Itulah mengapa KLHS penting, karena peran KLHS adalah menjaga keseimbangan dari 3 aspek tersebut,” jelasnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan KLHS RPJPD adalah terselenggaranya penyepakatan dan pengintegrasian isu strategis ke dalam Kebijakan Rencana Program. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini