Home ADVERTORIAL WOW, Parepare Masuk Kategori Kota Paling Nyaman di Indonesia

WOW, Parepare Masuk Kategori Kota Paling Nyaman di Indonesia

Walikota Parepare HM Taufan Pawe

PAREPARE, SUARAJATAPPARENG – Kota Parepare masuk kategori salah satu kota paling nyaman di Indonesia menurut Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia.

Dalam rilis Indonesia Most Livable City Indeks (MLCI) 2022, Kota Parepare berada pada posisi 16 pada Top 40 Kota Paling Nyaman di Indonesia.

Ketua Tim Riset MLCI 2022, Adriadi Dimastanto mengatakan, MLCI ini diselenggarakan di 32 provinsi dengan melibatkan 52 kota. Sebanyak 28 indikator yang digunakan untuk mengukur kelayakan hunian.

“Salah satunya indikator keamanan kota, pelayanan dasar, layanan air bersih, telekomunikasi, transportasi, fasilitas pendidikan, dan kesehatan, serta taman – taman kota,” ungkap Adriadi dalam kanal youtube IAP Indonesia.

Adriadi menjelaskan, dari hasil pengukuran tim peneliti, terdapat indeks rata-rata nasional adalah 69 dari skala 100. Dari hasil itu, ada 25 kota di atas rata-rata dengan skor 70-77, 9 kota berada pada angka rata – rata dengan skor 69, sementara 18 kota berada dibawah rata-rata indeks dengan skor 68-62.

“Artinya nilai-nilai ini mencerminkan seberapa gap dari angka 100 sehingga disitulah ruang-ruang perbaikan yang harus dilakukan di kota-kota tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Parepare Anwar Amir menilai, hasil survei tersebut merupakan bukti keberhasilan Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam membangun Kota Parepare selama dua periode.

“Ini bukan hanya sebuah penghargaan, tetapi pengakuan nasional atas keberhasilan kinerja bapak Taufan Pawe dalam membangun Kota Parepare selama 10 tahun,” kata Anwar.

Anwar mengaku, penghargaan tersebut patut dibanggakan, mengingat Kota Parepare satu-satunya kota di Sulsel yang masuk 25 kota dengan skor di atas rata-rata.

“Jelas ini patut kita banggakan. Tidak salah jika kita menyebutkan Kota Parepare layak disebut kota atau daerah terdepan di Sulsel,” pungkasnya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here